wwelcome

Selamat Datang

Apakah rumah, kantor, dan tempat usaha anda sudah terbebas dari gangguan hama ? AWAS... hama serangga bisa mengancam kesehatan anda, keluarga, dan karyawan anda...!!!

PT. UTAMA MITRA NUANSA MUDA memulai beroperasi sejak tahun 2000. Perusahaan kami bergerak di bidang pengendalian hama seperti nyamuk, lalat, kecoa, semut, dan tikus yag ada pada Gedung, Perkantoran, Hotel, Apartemen, Perumahan dan lain-lain.
Kami juga ahli dalam menangani rayap, baik bangunan pra-konstuksi atau pasca kontruksi. Dengan menggunakan obat-obatan yang berkualitas dan aplikasi yang sesuai dengan SK SNI Dirjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umun No.T-05-1990 dan No.T-06-1990F tentang tatacara pencegahan dan penanggulangan rayap pada bangunan rumah dan gedung dengan menggunakan termitisida.
Dengan pengalaman yang sudah lebih dari sepuluh tahun, dan dengan tenaga tenaga yang handal maka kami layak dipercaya berbagai institusi, menjadikan kami lebih percaya diri untuk melangkah lebih maju.
________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jumat, 08 Juni 2012

PERAWATAN TAMAN




I.          SKUP PEKERJAAN

Skup Pekerjaan adalah seluruh taman yang meliputi : seluruh taman yang ada di bagian depan dan belakang kecuali bagian dalam gedung.


II.        SPESIFIKASI TEKNIS

                                    Pembersihan Area

Membersihkan daun-daun yang rontok dari taman yang ada, ranting yang patah, dan sisa-sisa pemangkasan atau pemotongan rumput serta kotoran lainnya yang merusak keindahan, sehingga menimbulkan kesan indah, bersih, sehat, dan nyaman. Pembersihan area taman dilakukan setiap hari dan sampah dikumpulkan pada polly bak sampah yang kemudian dibuang ke tempat sampah atau rumah sampah yang tersedia.

                                    Penyiraman

Air merupakan kebutuhan pokok bagi taman di samping unsur hara. Kekurangan atau kelebihan air sangat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan taman. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengaturan dalam pemberian air sehingga mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Hal itu untuk menghindari agar tidak terjadi pembusukan pada akar tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan air.

Penyiraman tanaman dilakukan dengan memperhatikan kondisi cuaca/musim. Pada musim kemarau/panas, penyiraman dilakukan setiap hari sampai kebutuhan air bagi tanaman tersebut mencukupi. Sedangkan pada musim hujan perlu diatur system pembuangan/saluran yang baik, sehingga air yang ada tidak berlebihan bagi tanaman, hal ini untuk menghindari agar tidak terjadi pembusukan pada akar tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan air.

Penyiraman dilakukan secara rutin sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing jenis tanaman. misalnya untuk tanaman besar/pohon dapat dilakukan penyiraman dua hari sekali, sedangkan untuk tanaman semak/perdu atau tanaman penutup tanah dilakukan penyiraman setiap hari.

                                    Pemupukan

Unsur hara sangat dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan, baik unsure hara mikro, makro, maupun unsur hara penunjang. Unsur hara tersebut umumnya sudah tersedia di dalam tanah, tetapi keberadaannya kadangkala tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman yang ada. Oleh sebab itu perlu adanya penambahan unsur hara dengan cara pemupukan agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman lebih optimum. Pemberian pupuk disesuaikan dengan jenis tanaman yang ada yaitu :

Pohon : Diperlukan pupuk kandang atau kompos sekitar 5 Kg per pohon, dan pupuk NPK sekitar 25 – 50 gram per pohon untuk periode 3 – 5 bulan. Pupuk diberikan di sekeliling pohon atau dekat akar dengan cara ditanam atau ditimbun.
Semak & Penutup Tanah : Diperlukan pupuk kandang atau kompos sekitar 1 -2 Kg per m2 dan pupuk NPK sekitar 10 gr per m2 untuk periode 3 bulan. Pupuk diberikan dengan cara disebar secara merata kemudian disiram.
Rumput : Diperlukan pupuk Urea (N) sekitar 10 gr per m2 untuk periode 3 bulan. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara disebar secara merata kemudian disiram. Untuk jenis tanaman penutup tanah, semak, dan tanaman hias, diberikan pupuk daun dan zat pengatur tumbuh agar pertumbuhannya lebih baik dan segar.

                                    Pemangkasan

Pemangkasan sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman dengan tujuan :

1.       Memperbaiki kondisi tanaman, yaitu mengatur penerimaan sinar matahari, temperature, dan kelembaban tanah.
2.       Memelihara dan mengatur pertumbuhan tanaman agar lebih baik, indah, dan mempunyai bentuk sesuai dengan keinginan.
3.       Membuang cabang atau ranting yang rusak dan mati.
4.       Merangsang pertumbuhan tunas dan bunga lebih banyak.
5.       Membuang percabangan atau ranting yang mengganggu aktivitas dan kegiatan manusia disekitarnya.

Pemangkasan dilakukan Sesuai dengan jenis tanaman yaitu :

1.       Pohon ; dipangkas sekitar 5 (lima) bulan sekali atau tergantung kondisi pohon khususnya pada percabangan yang mengganggu dan merusak keindahan tanaman tersebut. Pemangkasan dilakukan dengan hati-hati sehingga batang pohon tidak rusak  yang menyebabkan infeksi pada batang serta dibentuk sesuai keinginan.

2.       Semak dan Penutup Tanah ; dipangkas sekitar 1 (satu) bulan sekali disesuaikan dengan jenis dan pertumbuhan tanaman tersebut.

3.       Rumput ; dipangkas sekitar 2 (dua) minggu sekali agar terlihat indah dan rapih serta menimbulkan kesan bersih.

                        Penyiangan

Penyiangan bertujuan untuk menghilangkan tanaman pengganggu (gulma) disekitar tanaman yang dipelihara. Jenis tanaman pengganggu misalnya rumput liar atau tanaman yang tidak dikehendaki pertumbuhannya serta bukan tanaman yang dipelihara.


                                                                                                                                                                                                   

Tanaman pengganggu bersifat merugikan tanaman utama, karena terjadi perebutan unsur hara dan sinar matahari yang dibutuhkan. Selain itu tanaman pengganggu mampu menurunkan kualitas tanaman sehingga merusak keindahan. Penyiangan dilakukan secara manual dan hati-hati sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada tanaman yang dipelihara.

                                    Penggemburan Tanah

Penggemburan ditujukan untuk memperbaiki struktur tanah sehingga agregat tanah, aerasi tanah, udara tanah, dan air di dalam tanah lebih baik. Pekerjaan penggemburan tanah dapat dilakukan bersamaan  dengan pekerjaan penyiangan. Kondisi tanah yang gembur sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dipelihara untuk tumbuh lebih baik.

                                    Pengendalian Hama dan Penyakit

Serangan hama dan penyakit dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman bahkan dapat menurunkan kualitas tanaman yang berakibat kematian bagi tanaman tersebut. Pengendalian hama dan penyakit mencakup tindakan pencegahan dapat dilakukan (preventif) dan pengobatan (kuratif). Pencegahan dapat dilakukan dengan menciptakan kondisi lingkungan yang tidak mendukung berkembangan hama dan penyakit, misalnya taman tetap bersih, tidak terlalu lembab, cukup sinar matahari, membuang dan membakar tanaman yang terserang hama dan penyakit, serta perlindungan menggunakan pestisida.

Untuk tanaman yang sudah terserang hama dan penyakit, dapat dilakukan pengendalian dengan menggunakan pestisida. Penggunaan pestisida dilakukan dengan mempertimbangkan dan memperhatikan ketetapan jenis pestisida, ketetapan konsentrasi, dosis, sasaran, jenis tanaman yang diserang, waktu aplikasi serta alat aplikasinya. Hal itu dilakukan untuk memberikan hasil yang maksimal dengan resiko sekecil mungkin.

                                    Penyulaman

Penyulaman dilakukan untuk mengganti tanaman yang rusak dan mati serta tanaman yang telah habis masa pertumbuhannya.

Untuk pekerjaan penyulaman. PT. UTAMA MITRA NUANSA MUDA selaku kontraktor perawatan taman hanya sebatas pelaksana penanaman saja.

                                                                                                                                                                                                               
III.           PELAKSANAAN PEKERJAAN

                                    Jumlah Tenaga Kerja dan Jam Kerja

Dalam pelaksanaan pekerjaan perawatan taman, kami tempatkan beberapa orang petugas perawat tanaman yang berpengalaman (satu diantaranya adalah Leader) yang akan stand by di lokasi dengan ketentuan hari dan jam kerja sebagai berikut :
Senin s/d Rabu                 :  Pkl. 08.00 s/d 16.00 WIB
                                                   Istirahat Pkl. 12.00 s/d 13.00 WIB

Kamis, Jum’at, Minggu  :  Pkl. 08.00 s/d 16.00 WIB
                                                  Istirahat Pkl. 12.00 s/d 13.00 WIB

Sabtu                                    :  Pkl. 08.00 s/d 12.00 WIB
                                                   Pkl. 13.00 s/d 16.00 WIB
                                                 Tanpa Istirahat

Catatan : Hari dan jam kerja bersifat fleksibel, bisa diatur secara shift, untuk menjaga kualitas service yang sebaik-baiknya.

                                    Perlengkapan Kerja

Mesin Potong Rumput, Gunting Pangkas, Cangkul Besar, Cangkul Kecil/Kored, Pisau Pangkas/Golok, Gergaji, Hand Sprayer, Sapu Lidi, Serok Sampah, Ember, Sekop, Garpu, Tanah, Selang Air, Keranjang Sampah, dan peralatan Bantu lainnya.

                                    Pupuk Yang Digunakan

-          Pupuk Kandang
-          Pupuk Urea (N)
-          Pupuk NPK
-          Pupuk Daun
-          Zat Pengatur Tumbuh

                                    Pestisida Yang Digunakan

Untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman, pestisida yang digunakan akan disesuaikan dengan jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman, yaitu :

-          Insektisida          : Pengendalian Serangga
-          Fungisida            : Pengendalian Jamur / Cendawan
-          Nematisida         : Pengendali Nematoda / Cacing Akar
-          Bakterisida         : Pengendali Bakteri
-          Akarisida             : Pengendali Tungau Akar
-          Moluscusida      : Pengendali Siput / Keong


IV.                SUPERVISI

Setiap 2 (dua) minggu atau 1 (satu) bulan sekali diadakan evaluasi hasil pekerjaan oleh Supervisor   PT. UTAMA MITRA NUANSA MUDA dan dilaporkan kepada pihak pengguna jasa, dalam bentuk Laporan Kualitas Pekerjaan ( Quality Control  Report ). laporan tersebut memuat hasil pekerjaan dan mungkin kendala-kendala yang dihadapi serta memberikan saran-saran serta masukan kepada kedua belah pihak.

1 komentar: