wwelcome

Selamat Datang

Apakah rumah, kantor, dan tempat usaha anda sudah terbebas dari gangguan hama ? AWAS... hama serangga bisa mengancam kesehatan anda, keluarga, dan karyawan anda...!!!

PT. UTAMA MITRA NUANSA MUDA memulai beroperasi sejak tahun 2000. Perusahaan kami bergerak di bidang pengendalian hama seperti nyamuk, lalat, kecoa, semut, dan tikus yag ada pada Gedung, Perkantoran, Hotel, Apartemen, Perumahan dan lain-lain.
Kami juga ahli dalam menangani rayap, baik bangunan pra-konstuksi atau pasca kontruksi. Dengan menggunakan obat-obatan yang berkualitas dan aplikasi yang sesuai dengan SK SNI Dirjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umun No.T-05-1990 dan No.T-06-1990F tentang tatacara pencegahan dan penanggulangan rayap pada bangunan rumah dan gedung dengan menggunakan termitisida.
Dengan pengalaman yang sudah lebih dari sepuluh tahun, dan dengan tenaga tenaga yang handal maka kami layak dipercaya berbagai institusi, menjadikan kami lebih percaya diri untuk melangkah lebih maju.
________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jumat, 08 Juni 2012

RODENT CONTROL

   Pengendalian Hama Tikus

Pengendalian hama tikus memerlukan teknik-teknik yang unik, hal ini harus disesuaikan dengan jenis tikus dan kondisi lingkungannya.  Kunci keberhasilan dalam pengendalian hama tikus atau keluarga pengeret (Rodentia) harus dapat mengantisipasi sifat-sifatnya, yaitu jera umpan (Toxicant Shinens) dan mudah curiga (Neophobia).

Pengendalian hama tikus yang selama ini kami lakukan dan berhasil yaitu dengan cara pengumpanan (Baiting System).  Pemberian umpan dilakukan dengan memodifikasi dua jenis rodentisida yang bersifat Acute dan Anti Coagulant.  Modifikasi ini akan dapat mengantisipasi sifat tikus yang jera umpan (Toxicant Shinents) dan mudah curiga (Neophobia).

Setelah tikus makan tidak akan langsung mati, dan jika tikus tersebut sedang menyusui, maka anak-anaknya akan ikut keracunan kemudian mati.  Efek yang ditimbulkan dari perpaduan dua jenis rodentisida tersebut tikus akan merasa panas dan kehausan lalu turun untuk mencari air, biasanya di got-got, tempat-tempat basah atau lembab maka pembuluh darah tikus akan pecah dan mati. Apabila setelah makan umpan tersebut tikus tidak mendapatkan air sama sekali, maka tikus tersebut akan mati dalam keadaan kering dan tidak berbau.  Waktu yang dibutuhkan sejak tikus makan umpan sampai mati selama 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) hari.

Pengumpanan tikus dilakukan dengan cara memberikan campuran umpan berbentuk butiran (Granular) terdiri dari jagung pecah, mie kering, atau bahan sejenis yang lain yang ditujukan untuk Tikus Atap (Rattus-rattus) dan Tikus Nying-nying (Mus musculus).  Bahan umpan yang telah dicampur dengan rodentisida diletakkan di dalam wadah kotak umpan (Trays bait) berukuran 10 x 5 cm yang dipasang pada sisi dinding bagian dalam dan luar, terutama pada jalur-jalur tikus dan tempat-tempat tertentu diletakkan di atas plafon.

Untuk pengumpanan tikus di luar ruangan ditujukan untuk Tikus Got (Rattus argentiventer) dan Tikus Wirok (Bandicota indicata).  Pengumpanan menggunakan rodentisida siap umpan berbentuk blok/cetakan yang ditempatkan pada jalur-jalur dan sarang-sarang tikus serta lubang-lubang Tikus Got dan Tikus Wirok.

    Metode Antisipasi Bangkai Tikus

Pengendalian hama tikus dengan system pengumpanan ini sementara masih banyak pihak yang khawatir kalau bangkai tikus akan dan sulit dicari sehingga menimbulkan gangguan karena bau bangkai tikus tersebut.  Hal ini sudah diperhitungkan oleh Menejemen PT. UTAMA MITRA NUANSA MUDA, dengan denah system pengumpanan yang diterapkan sesuai dengan tata ruang, bangunan, menjadikan bangkai tikus lebih mudah dicari dan ditemukan serta segera diambil.

Disamping itu dengan rodentisida yang dipergunakan oleh PT. UTAMA MITRA NUANSA MUDA kebanyakan tikus tersebut mati tidak jauh dari air atau tempat lembab/basah lainnya, selama ini mengenai bangkai tikus tidak pernah terjadi masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar